• Minggu, 5 Februari 2023

Kembangkan Tanaman Herbal, Unik, Kerjasama Unsoed dan Pemkab Tegal Buka Wisata Kesehatan Jamu

- Jumat, 26 Agustus 2022 | 18:45 WIB
Unsoed dan Pemkab Tegal, jalin kerjasama membuka sentra tanaman herbal. (Humas Unsoed)
Unsoed dan Pemkab Tegal, jalin kerjasama membuka sentra tanaman herbal. (Humas Unsoed)

CIREBONRAYA -Peluang usaha tanaman herbal yang prospektif membuat Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tegal khususnya di Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung dan warga Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang.

Saat ini, sudah tersedia lahan 9,2 hektar, diharapkan bisa memenuhi kebutuhan 65 persen herbal untuk WKJ Kalibakung sendiri serta permintaan pasar industri herbal.

WKJ Kalibakung adalah Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) -Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, yang melayani pasien dari berbagai tempat di sekitar wilayah Tegal dan beberapa daerah di Jateng serta Jawa Barat, bahkan hingga Jakarta.

Baca Juga: VIRAL, PELECEHAN SEKSUAL di Commuter Line Relasi Bogor-Jakarta, Korban Eggan Lapor, Begini Nasib Pelakunya

Pasien yang berobat ke tempat pelayanan kesehatan herbal satu-satunya di Jateng ini, diperiksa oleh dokter, dan obatnya berupa ramuan herbal atau jamu.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Tegal Drs. Dadang Darusman, MM yang mewakili Bupati Tegal saat menerima Tim Unsoed yang dipimpin Wakil Rektor Unsoed Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Dr. Waluyo Handoko, S.IP.,M.Sc di ruang rapat Sekda Kabupaten Tegal, Kamis (25/8/2022) mengemukakan, pihaknya berterima kasih kepada Unsoed yang telah menjalin kerjasama ini.

"Pemkab Tegal siap memfasilitasi apa saja yang dibutuhkan keduabelah pihak, agar kerjasama ini memberikan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat Tegal," ujar Dadang Darusman.

Baca Juga: Polwan Berpangkat Bripka Ditemukan Meninggal Dunia dalam Posisi Duduk di Rumah Kontrakan, Polda Jabar Berduka

Kedatangan Tim Unsoed ke Pemkab Tegal, sebagai tindak lanjut dari riset dan Pemberdayaan Herbal- Program Penelitian Dasar Kompetitif Nasional (PDKN) Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Kemendikbudristek Dikti) yang diketuai Dr Adhi Iman Sulaiman, SIP, M.Si. Lokasi riset di Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal pada bulan Juli - Agustus lalu.

Halaman:

Editor: Agung Nugroho

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X