Beasiswa Bidik Misi Unsoed Jaring Mahasiswa Tidak Mampu, Tidak Ada Alasan, Tidak Kuliah Karena Miskin

- Jumat, 18 Maret 2022 | 08:00 WIB
Kegiatan traning motivasi siswa SMA Banjarnegara.*
Kegiatan traning motivasi siswa SMA Banjarnegara.*

CIREBONRAYA - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), sejak tahun 2012 banyak menggelontorkan beasiswa, khususnya bagi lulusan SMA/SMK untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto, Jateng, selain beasiswa Bidikmisi bagi mahasiswa tidak mampu dari Kemendikbud Ristek, juga ada beasiswa dari berbagai lembaga.

Hanya saja, masih banyak masyarakat yang belum tahu dan belum memanfaatkan berbagai fasilitas beasiswa itu.

Sejatinya, melalui beasiswa itu, diharapkan tidak ada lagi alasan bagi masyarakat miskin untuk tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, karena tidak memiliki uang.

Di Unsoed, banyak mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang kuliah dapat beasiswa bidikmisi.

Baca Juga: Renungan Jumat Pagi, BENIH HITAM

Yakni kuliah gratis dan dapat uang saku per bulan Rp 800 ribu. Semoga peluang kesempatan ini bsia dimanfaatkan oleh lulusan SMA, termasuk lulusan SMAN 1 Purwareja Klampok, Banjarnegara.

"Jadi tidak ada alasan tidak kuliah karena masalah pembiayaan," ujar Dr Toto Sugito, S.Sos, M.Si, dosen Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed.

Toto Sugito mengungkapkan peluang beasiswa itu saat memberikan "Training Motivasi bagi siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Purwareja Klampok, Banjarnegara Tahun Akademik 2021/2022 di Aula sekolah setempat, Kamis, 17 Maret 2022.

Kegiatan diikuti 350 siswa kelas XII itu. Dibuka oleh Kepala SMAN 1 Purwareja Klampok, Drs Amin Shodiq, dalam rangka persiapan menghadapi ujian sekolah/study lanjut dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Training motivasi ini sebagai kelanjutan dari Riset Keilmuan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) beserta Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (lppm) Unsoed.

Baca Juga: Besok Final Persib Vs Persebaya, 2 Pemain Ini Diharapkan Kenangan Indahnya Bisa Terulang Kembali

Ketua tim riset Dr. Adhi Iman Sulaiman, anggota Dr. Toto Sugito dan Dr. Shinta Prastiyanti.

Tim riset melibatkan sejumlah mahasiswa S-1 FISIP Unsoed, alumni Unsoed yaitu Niken Hapsari Arimurti SP MP dan Dhika Sulistyo SP.

Kemudian Drs Prasetiyo yang menjadi bagian narasumber sekaligus figur teladan yang meskipun berusia 56 tahun masih semangat melanjutkan studi di Magister Ilmu Komunikasi Unsoed.

Halaman:

Editor: Agung Nugroho

Tags

Terkini

X